Elegi Tasyakuran Spiritual Ke Satu (Proyek Syurga)

Oleh Marsigit

Bagawat Selatan:

Wahai isteriku, anak-anakku dan menantuku, saya berniat mengadakan Tasyakuran Spiritual sebagai salah satu cara untuk menyatakan rasa syukur kita kepada Allah SWT, dengan cara mengadakan Pengajian Akbar dan dihadhliri oleh para kerabat, dan tetangga. Untuk itu aku akan mengundang seorang Ulama dari Jawa Barat yang bernama Ustad Jalaludin Rakhmat. Saya minta agar beliau dapat menguraikan perihal Proyek atau Program Menghuni Syurga. Untuk menghemat waktu marilah kita dengarkan bersama-sama.



Jalaludin Rakhmat:
Assalamu’alaikum Warakhmatullahi Wabarakatuh. Audzhubilah Himi-nassyaeton nirojim Bismillah Hiro-khman Nirokahim. Alhamdulillah hirabbil alamin. Wasalatu Wasa-lamu Ala Asrofil Ambyai Warmu-salin Syayidina muhammadin wa-ala alihi wasyohbihi ajma’in. Yang saya hormati shohibul hajat Sang Bagawat Selatan beserta keluarga besarnya. Para Alim Ulama, Tokoh Masyarakat dan masryiral muslimin yang berbahagia. Pertama marilah kita panjatkan puja puji syukur kita kehadhirat Allah SWT yang telah memberi dan melimpahkan karunia Nya kepada kita semua sehingga pada saat yang berbahagia ini kita bisa berkumpul untuk mengadakan silakhturakhim spiritual. Salawat dan salam kita haturkan kepada Junjungan Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya, tabiit, tabiin, yang memberi syafaat di hari akhir. Wabil khusus saya mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada Sang Bagawat Selatan, yang telah mempercaya dan mengundang saya untuk mengisi dan memberi ceramah spiritual pada Pengajian Akbar ini. Seperti permintaan shahibul hajat, maka saya akan menguraikan Bagaimana Mengembangkan Proyek Menghuni Syurga sebagai berikut:

Pertama: Memelihara Waktu Shalat
Diriwayatkan dalam sebuah hadis bahwa nanti, setelah manusia dihisab, ia akan masuk syurga. Para malaikat berkata kepadanya: “Tunggulan di sini di bawah lindungan ini, di dekat pintu syurga”. Orang itu dapat melihat seluruh istana, pasangan-pasangannya, dan kebun-kebunnya yang ada di dalamnya. Setelah lewat beberapa masa, bertambahlah kerinduannya kepada apa yang diberikan Allah kepadanya. Ia berkata: “Wahai Malaikat Rakhmat, aku melihat orang-orang sesudahku masuk syurga sedangkan aku diakhirkan di sini. Mengapa di akhir-akhir?” Para malaikat berkata kpadanya: “Aku mengakhirkan kamu karena kamu mengakhirkan shalatmu di dunia”

Kedua: Menghadiri Salat Berjamaah
Rasulullah SAW bersabda kepada Jibril: “Apa yang diperoleh umatku dalam shalat berjamaah?” Jibril berkata:”Wahai Muhammad, setiap rakaat yang dilakukan seorang mukmin bersama imam jamaah lebih baik baginya daripada bersedekah seratus ribu dinar kepada orang miskin; satu sujud yang ia lakukan bersama imam lebih baik daripada ibadat satu tahun. Tidak ada azab kubur dan kepedihan hari kiamat bagi orang yang menjalankan sunah dan jamaah”. Rasulullah SAW bersabda: “Takbir yang pertama bersama imam lebih baik daripada dunia dan segala isinya”

Ketiga: Bertasbih dengan Tasbih Azzahra, Terutama setelah Salat
Dari Abi Ja’far as:”Barang siapa bertasbih dengan tasbih Fathimah kemudian membaca istighfar kepada Allah, maka Allah akan mengampuninya. Tasbih itu seratus dengan lisan tetapi seribu dengan timbangan, mengusir setan dan membuat rida Allah Al-Rahman”

Keempat: Selalu Membaca Shalawat Kepada Muhammad dan Keluarganya
Rasulullah SAW bersabda:”Manusia yang paling mengabaikan aku adalah orang yang apabila disebut namaku di hadapannya, dia tidak bershalawat kepadaku. Shalawat kepadaku dan keluargaku menghilangkan kemunafikan”

Kelima: Selalu Beristighfar dan Memohonkan Ampunan
Dari para Imam as:”Sebaik-baik ibadat adalah istighfar”. Rasulullah SAW bersabda:”Segala sesuatu ada obatnya; dan obat dosa adalah istighfar”

Keenam: Selalu Berzikir Kepada Allah
Rasulullah SAW bersabda:”Barang siapa berkata Subhanallah, Allah tanamkan baginya satu pohon di syurga. Barang siapa membaca Alhamdulillah, Allah tanamkan baginya satu pohon di syurga. Barang siapa berkata La ilaha ilallah, Allah tanamkan baginya satu pohon di syurga”.

Ketujuh: Salat-salat Sunat Harian
Dari Abul Hasan as:”Salat-salat sunat adalah kurban setiap mukmin”. Dari Imam Al-Hasan Al-Askari as: “karakteristik mukmin ada lima: melakukan salat lima puluh satu rakaat, ziarah arba’in, memakai cincin disebelah kanannya, bersujud dengan pelipis, dan menzaharkan Bismillahirrahmanirrahim”

Kedelapan: Menyambungkan Silaturahmi Terutama Dengan Orang Tua
Diriwayatkan melalui para Imam as:”Silatirahmi memakmurkan rumah dan menambah usia walaupun para pelakunya bukan orang baik-baik. Silaturahmi membersihkan amalan, melipatgandakan kekayaan, menolak kecelakaan, dan menangguhkan kematian”

Kesembilan: Menyesali Dosa
Dari Imam Ali as:”Penyesalan atas keburukan akan mendorong orang meninggalkan keburukan”. Dari Abu Abdillah as:”Siapa yang berbahagia dengan perbuatan baik dan berduka karena perbuatan buruk, pastilah dia seorang mukmin”

Kesepuluh: Bergaul Baik Antara Suami Isteri
Rusulullah SAW bersabda:”Yang paling baik di antara kamu adalah yang paling baik terhadap keluarganya; dan aku adalah yang paling baik terhadap keluargaku”. Rasulullah SAW juga bersabda:”Apabila seorang isteri tidak menyayangi suaminya dan membebaninya untuk melakukan sesuatu di luar kemampuannya, tidak akan diterima dari perempuan itu kebaikan apa pun dan ia akan menemui Allah dalam keadaan murka padanya”

Demikianlah apa yang dapat saya sampaikan pada Pengajian Akbar Tasyakuran Spiritual Kesatu dirumah Sang Bagawat Selatan. InsyaAllah minggu depan kita sambung lagi. Amin. Yang baik insyaAllah itu datangnya dari Allah, sedang yang buruk itu semata-mata karena kekuranganku. Sebagai penutup marilah kita berdoa bersama. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Allah tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya, tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang da di langit dan di bumi. Siapakahyang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. Ayat Kursi: Al-Baqarah:255. Demikian mohon maaf atas segala kekurangannya. Bilahittaufiq wal hidayah, Wasallamualaikum Warakhmatulahi Wabarakatuh

Referensi:
Jalaluddin Rakhmat: Meraih Cinta Ilahi-Pencerahan Sufistik, Bandung: Rosda

136 comments:

  1. faiziin

    assalamualaikum,,,pak marsigit saya ikut berdoa pak mudah-mudahan blog bapak ini banyak yang membaca,dan mendapatkan manfaat dari blog bapak ini.amin
    pak marsigit saya teringat surat al fushilat ayat 33
    "Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: "Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?"

    pak marsigit mohon maaf pak, saran untuk artikel ini. artikel ini akan lebih menarik lagi jika pada waktu pak kyai tausiyah dan mengambil hadist disertai keterangan periwayatnya.

    terima kasih
    Reply
  2. Ass...Sdr Faiziin ...amin
    Reply
  3. NURINA HAPPY
    07301241027
    Pend Mat Sub 07
    Kuliah Filsafat Jumat Jam 07.00

    Subhanallah blog bapak satu ini benar-benar menyentuh hati saya..smoga kita semua bisa menjadi manusia-manusia yang dapat memenuhi itu semua, amin amin ya robbalalamin..
    Reply
  4. Rika Restudyastuti
    07301244030
    P.Mat Swa C
    Kuliah Filsafat PM hari Rabu jam 9

    Ass..
    Jujur saya suka dengan elegi ini. Sebuah ceramah agama yang disajikan dalam filsafat dalam bentuk cerita.
    Saat ini manusia memang haus dan miskin akan akhlak. kita semua membutuhkan siraman rohani yang mampu menyejukkan jiwa dan hati. Banyak orang yang bingung dengan hatinya, bahkan tidak mengenal dirinya..
    Saya tertarik dengan poin ke-9 (menyesali dosa).Saat kita menyadari bahwa kita berbuat dosa, agama menganjurkan kita untuk segera bertaubat dan meminta ampun pada Allah. Tapi saya masih belum mengerti bagaimana caranya kita bertaubat dan harus memulai dari mana untuk memperbaiki diri??
    Reply
  5. Maratul K
    07301241041
    Pend Mat Sub 07
    Kuliah Filsafat Jumat Jam 07.00

    amalan-amalan yang dipaparkan dalam elegi ini sebenarnya tidaklah sulit dan tidak memberatkan umatNya. karena ajaran-ajaran dalam Islam itu sesungguhny memang tidak pernah memberatkan.
    namun yang menjadi persoalan adalah apakah amalan-amalan yang tidak berat itu sudahkah dengan rutin kita lakukan??
    mungkin termasuk saya sendiri,tidak dapat dipungkiri bahwa tidak jarang kita merasakan suatu keengganan yang luar biasa untuk melakukan amalan "kecil dan ringan" ini tetapi luar biasa ganjarannya.
    Semoga Alloh senantiasa menjauhkan kita dari rasa keengganan itu.
    Amin.
    Reply
  6. Lusiana B
    07301244039
    P Mat Swa C 07
    Kuliah filsafat
    jm9.00

    Trimakasih bapak telah membuat elegi tentang religi, semoga stiap pembacanya menjadi ingat akan 10 hal dalam ceramah dari ustadz Jalaludin Rakhmat dan menambah sisi spiritual mreka untk slalu ingat kepada Allah Yang Maha Esa
    Reply
  7. Supriyanti
    07301241054
    P.Mat.Sub 07
    Filsafat, Jumat jam 07.00

    Assalamu'alaikum...
    Terima kasih bapak, elegi ini benar-benar memberi manfaat terutama bagi diri saya sendiri setelah membacanya. Semoga elegi ini selalu mengingatkan saya dan senantiasa untuk melakukan amalan-amalan agar kelak menghuni syurga, Amin...
    Semoga elegi ini juga memberi manfaat bagi pembaca semua. Amin...
    Reply
  8. Asih Mardati
    07301244012
    P. Mat Swa C '07
    Filsafat Pend Mat
    Rabu, 09.00


    Alhamdulilah, terimaksaih banyak Pak buat semua ilmu yang telah bapak berikan kepada kami. Elegi Bapak kali ini bener-benar mengetuk hati saya untuk senantiasa bersyukur dan ingat selalu kepada Allah SWT. Semoga elegi bapak yang benuansa Religi terus bertambah dan bermanfaat bagi pembaca secara umum dan dapat meningkatkan iman dan taqwa kita sebagai hamba Allah SWT. Amin ya rabbal'alamin.......
    Beribadah bisa dimana saja termasuk media internet juga bisa sebagai sarana untuk berdakwah.....
    Reply
  9. Mega Kusuma ListyotamiMay 3, 2010 11:48 AM
    Mega Kusuma Listyotami
    07301244031
    P.Mat Swa C '07
    Filsafat Pend Mat
    Rbu, 09.00-10.40

    Menyesali dosa apakah tidak membuat kita diikuti oleh dosa-dosa kita terus menerus pak?
    Bisa saja hidup kita penuh dengan penyesalan atas sikap-sikap yang telah kita perbuat.
    Reply
  10. Mei Hardiyanti RMay 3, 2010 12:12 PM
    Mei Hardiyanti R
    07301244027
    P.Mat Swa'C 07

    Ass...
    Ketika kita sebagai umat Islam telah memperoleh suatu kebahagiaan atas apa yang dilimpahkan Allah SWT baik itu melalui cobaan, ujian, atau hal yang lainnya kita sepatutnya bersyukur atas apa yang telah kita dapatkan itu seperti contohnya pengajian yang dilakukan oleh begawat besera sanak keluarganya. Karena dibalik semua ujian dan cobaan yang diberikan pasti ada hikmah didalamnya yang bisa memberikan kebahagiaan pada kita pribadi maupun keluarga. Elegi ini membuat saya terinspirasi untuk mengajak keluarga saya selalu mengadakan pengajian tiap minggunya untuk menjaga keluarga kami terhindar dari hal buruk yang tidak diinginkan.
    Reply
  11. ANINDA DIYAH MELATI
    09301243002
    P MAT SUB
    FILSAFAT RABU JAM 9

    Ass.. Elegi-elegi bapak sangat bermanfaat pak, bukan hanya sebagai sumber belajar berfilsafat tetapi juga sebagai bekal dunia akhirat... Amin amin amin...
    Reply
  12. Yayu Marissyafani
    07301241036
    P MAT SUB 07
    Jumat jam 07.00
    Filsafat

    Asslamualaikum PAk..

    LUAR BIASA!!!!
    elegi yang ini mengingatkan amalan-amalan yang telah kita lakukan. Kita menginginkan Surga tetapi kita sering meninggalkan dan mengabaikan semua amalan-amalan di atas.
    semoga dengan elegi ini SEMANGAT untuk mengerjakan amalan-amalan diatas kembali membara.
    Saya sangat terkesan dengan semangat Bapak dalam berdakwah.
    terima kasih
    Reply
  13. PALUPI SRIWIJAYANTI
    NIM. 07301241034
    PEND. MATEMATIKA SUB'07
    KULIAH FILSAFAT PENDIDIKAN MATEMATIKA
    JUMAT 07.00 R302

    assalamu'alaikum bapak...
    terima kasih atas blog yang bapak buat, semoga uraian dari blog ini dapat bermanfaat lebih luas lagi. walaupun dalam hadis yang disampaikan tidak ada perawinya (tidak bisa diketahui sanadnya), tetapi tetap saja namanya hadis dan tetap lebih mulia kedudukannya dibanding kata-kata yang dikeluarkan oleh orang nomor 1 di dunia....
    Reply
  14. Anniy susilowatiy
    07301241018
    pend. mat sub'07
    jum'at jam7

    Amalan-amalan yang memang manusia lakukan agar dosa-dosa yang baik kecil maupun besar sedikit demi sedikit akan lebur...
    Semoha Allah mengampuni segala perbuatan buruk yang telah kita lakukan..amiin...
    Reply
  15. Dyahsih alin Sholihah, 07301244002, Pend. Mtk. NR C, Rabu, 09.00/304.

    Semua orang ingin berlomba-lomba untuk masuk surga, namun mereka kadang lupa, bahwa masuk surga itu tidaklah mudah, perlu banyak perjuangan dan pengorbanan. Semoga kita dapat menjalankan uraian-uraian untuk proyek masuk surga di atas. Amiiin.
    Reply
  16. Hutri Prastasiwi
    07301241042
    kuliah Filasat Pend
    jumat jam 07.00 ruang 304

    Assalamualaikum wr wb.

    Syurga, saya sangat mempercayai. mendengarkan kata syurga disebut, membuat saya merasa saya masih menjadi seonggok batu besar yang sangat keras. begitu sombongnya diri saya sehingga saya masih sering lalai atas segala amalan yang sangat baik. membayangkan syurga pun saya merasa tak pantas. Namun setelah membaca elegi ini saya merasa sangat optimis untuk berusaha semaksimal mungkin untuk menggapai syurga. terima kasih atas eleginya pak marsigit.
    Reply
  17. Ismi Rahayu
    P.Mat Swa C 07
    07301244048
    Filsafat Pendidikan Matewmatika
    Rabu, 09.00
    Ruang 304

    proyek kelima membuat saya smakin ingin ber istiqfar,,,,
    trimakasih pak,,,
    Reply
  18. Rima Aksen C
    07301241048
    pend matematika sub 07
    Kuliah filsafat pend mat
    Jumat 07.00-08.40

    tentunya bahwa proyek menghuni surga ini sangat berkaitan dengan elegi bapak sebelumnya..
    mengenai doa dan ikhtiar..
    segala sesuatunya yang qt usahakan dengan sunguh-sungguh, maka akan membuahkan hasil yang baik..
    seperti dengan proyek2 sebelumnya, semoga proyek ini akn lebih mendekatkan kita dengan Allah SWT. Amin
    Reply
  19. Endah Widiastuti
    0731244005
    P.Mat Swa C
    Filsafat Pend.Matematika

    setiap orang pasti ingin menjadi penghuni surga untuk mewujudkannya perlu iman dan taqwa yang kuat beberapa hal yang dituliskan dalam elegi ini memang wajib kita lakukan dengan penuh keyakinan dan berlangsung terus menerus, kita juga perlu tetap beribadah dan berdoa supaya dapat melakukan hal-hal seperti yang terurai di elegi bpk ini.
    Reply
  20. Nur Hera Utami
    07301241022
    P-Math R'07

    Aslm...
    Membaca elegi ini,,,saya teringat bahwa amalan-amalan saya masih jauh dari cukup untuk bisa menjadi penghuni surga.Tetapi saya masih berani bermimpi untuk bisa bertemu dengan bidadari surga. Mimpi itu akan membuat kita termotivasi untuk melaksanakan amalan-amalan yang mendukung proyek menuju surga. tak pantas kiranya ketika kita hanya mengumbar niat tanpa adanya kebulatan tekad untuk merealisasikannya.Semoga kita senantiasa ingat bahwasanya manusia diciptakan Allah SWT adalah untuk beribadah kepada_NYA....
    Reply
  21. Astrid Amreta Sari
    0731244038
    P.Mat Swa C 07
    Ruang 304 Jam 09.00-10.40
    Filsafat Pend.Matematika

    Apakah orangtua selalu benar Pak? Dan apakah kalau kita berselisih dengan orangtua kita pasti berdosa? Terkadang, pemikiran anak dengan orangtua jauh berbeda. Tapi, anak menganggap bahwa yang dilakukan itu suatu saat akan membuahkan hasil dan menurutnya itu yang terbaik bagi nya sedangkan orangtua mungkin sebaliknya. Apakah kita selalu harus patuh dengan mereka Pak, dan kita harus mengorbankan keyakinan kita mengenai sesuatu hal yang menurut kita itu bagus untuk perkembangan diri kita sendiri..

    Trimakasih
    Reply
  22. Budi setiawan
    07301244025
    P Mat Swa C 05
    filsafat pend mat
    rabu 09.00 - 10.40

    aslmkm...
    sunguh elegi yang sangat bagus yang menggabungkan filsafat dan religi.. semoga kita semua termasuk orang-orang yang dapat menyelesaikan proyek menghuni surga tersebut.. amin..
    Reply
  23. Indra Setiyawati
    07301244006
    Pend.Mat SWa.C
    Kuliah fisafat Pend.Mtk
    Rabu jam 09.00

    Ass...
    Bapak saya mau bertanya,, dalam Proyek Menghuni surga kedelapan bahwa "silaturahmi memakmurkan rumah dan menambah usia walaupun para pelakunya bukan orang baik-baik". Kata bukan orang baik-baik maksudnya seperti yang bagaimanakah? terimakasih . . ,
    Reply
  24. Dewi Fitrianing Lestari
    07301244011
    Pend Matematika SWA`C`07
    Kuliah Filsafat Pendidikan Matematika
    Rabu, 09.00-10.40
    Mendengarkan pengajian adalah memenuhi kebutuhan rohani kita. Semakin cinta kita kepada Alloh. Semakin giat kita melaksanakan perintahnya. Dan semakin di ingatkan dula tentang larangan-larangannya. Jika sholat belum berjamaan biasakan lah untuk berjamaah. Karena berubah untuk kebiasaan yang baik , ia lah orang yang tidak merugi.
    Reply
  25. TRISNAWATI
    07301241050
    P.MAT SUB'07

    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Semua orang di dunia ini pasti mempunyai cita-cita untuk menjadi penghuni surga yang abadi. ilmu proyek menghuni surga yang ada dalam blog ini tentu memberikan manfaat yang luar biasa. Semoga kita selalu di jalanNYa untuk menggapai SurgaNya.Amin
    Reply
  26. HAEFAH RUMIZAH
    05301244093
    P.MAT NR 05
    FILSAFAT PED.MATEMATIKA
    RABU,09.00-10.40

    Kita hanya manusia biasa dan semoga kita semua bisa mengerjakan semua apa yang dikatakan oleh Jalaludin Rakhmat untuk menjadi manusia yang lebh baik lagi, amin amin ya allah...
    Reply
  27. TRI WIJAYANTI
    07301241004
    PENDIDIKAN MATEMATIKA
    FILSAFAT PENDIDIKAN MATEMATIKA
    JUMAT, 07.00-08.40 R.302

    Subhanallah, Allahu Akbar.....setelah membaca elegi ini, ada kesan yang berbeda. Pengetahuan agama yang bapak berikan akan sangat bermanfaat bagi semua orang yang membaca elegi ini. Mungkin tidak semua diterangkan secara rinci, tapi kalau boleh memberi masukan, dari ke 10 proyek menghuni surga sebaiknya ada penjelasan dan sumbernya sehingga akan semakin meningkatkan pemahaman kita. Ilmu baru yang mungkin sempat hilang dari pikiran karena kesombongan diri ini. Semoga dengan membaca ini saya khusunya dan pembaca umumnya dapat mengimplementasikan dan kontinu menjalankannya.
    Reply
  28. Nur Lina Hidayati
    07301244007
    Filsafat Rabu jam 09.00

    Aslm. setelah membaca elegi ini, teringat kata-kata teman saya, "Allah itu suka yang kontinyu". Jika poin2 dalam pengajian di atas dapat dilaksanakan sedikit-sedikit tapi terus menerus, maka kita akan menjadi terbiasa melakukannya.Kalo kita sudah terbiasa melakukannya maka itu akan menjadi kebiasaan kita. Wslm.
    Reply
  29. Fina Hanifa Hidayati
    07301241026
    Pend Mat R'07
    Jumat 07.00 R.302


    semakin maju ke depan seolah selalu menjadi nasehat bagi saya untuk blog-blog bapak.dan memang terkadang dengan sibuknya kita menjalankan segala aktivitas dunia kita lupa bahwa kita perlu belajar untuk bekal kita di akhirat.yah..belajar ilmu akhirat..dan dalam kuliah ini dua-duanya telah saya dapatkan...maturnuwun pak..
    Reply
  30. Nuning Melianingsih
    07301244019
    P. Mat Swa C'07
    Filsafat Pend. Mat
    Rabu, jam 09.00-10.40
    Elegi ini benar-benar menjadi inspirasi untuk merubah kepribadian saya menjadi lebih baik. Tetapi jujur saja,lumayan susah untuk menjalaninya sebagai rutinitas sehari-hari. Smoga kita yang membaca elegi ini dapat berubah menjadi manusia yang lebih baik lagi dimata Tuhan.
    Reply
  31. Alfian Tyas K
    07301244016
    Pend Matematika SWA`C`07
    Kuliah Filsafat Pendidikan Matematika
    Rabu, 09.00-10.40

    subhanallah..ternyata banyak sekali keutamaan dan kemuliaan ibadah-ibadah yang mungkin selama ini kita kesampingkan ataupun kita lupakan. tidak main-main, Allah menjanjikan surga bagi para ahli ibadah-ibadah tersebut. marilah kita berlomba-lomba dalam kebajikan,menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. bukan surga yang kita jadikan harapkan, melainkan ridho-Nya. Insya Allah ketika kita mendapatkan ridho-Nya maka surga-Nya pun akan mengikuti dengan sendirinya. Allahumma amin..
    Reply
  32. FIBRIANA DWI ARYANTI
    07301241025
    PEND.MATEMATIKA SUB '07
    KULIAH FILSAFAT, JUMAT JAM 07.00-08.40

    Assalamu'alaikum pak...
    belajar tidak hanya dari buku..dari blog ini saya juga belajar...trimakasih..
    Reply
  33. Indrati Setiarini
    07301241040
    Pend Matematika Sub 07
    Kuliah Filsafat
    Jumat jam 07.00

    Membaca elegi di atas membuat saya teringat betapa masih jauhnya saya dari kebaikan. Mulai teringat satu persatu dosa dan kelakuan yang tidak baik, menyadarkan saya bahwa hidup haruslah berimbang, bukan hanya untuk dunia tapi juga untuk akhirat. Terimakasih kepada Pak Marsigit yang telah mengingatkan saya. Untuk ke depannya semoga kita semua bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.Amin
    Reply
  34. Jalaluddin Rumi mulai menulis puisi pada usianya yang ke-40, usia yang dipercaya sebagai titik momentum kehidupan. Life begins at forty, begitu pepatah bilang. Pengaruh Rumi dalam kesusasteraan Barat dan Timur tidak diragukan lagi. Berikut mari kita renungkan petikan hikmah karya Jalaluddin Rumi.
    Di dunia ini kita selalu selalu mencari TOKOH YANG BENAR-BENAR BERBUAT untuk diteladani. Karena kita tak menemukan orang yang mau membeli perbuatan, kecuali penikmat kata-kata, maka kita sendiri lantas menyibukkan diri hanya dengan kata-kata. Bagaimana kita bisa mengetahui perbuatan, jika kita bukan orang yang senang berbuat?
    Kita bisa mengetahui perbuatan hanya melalui perbuatan. Kita dapat memahami ilmu pengetahuan hanya dengan ilmu pengetahuan itu sendiri, bentuk melalui bentuk itu sendiri, makna melalui makna itu sendiri, shalat melalui shalat itu sendiri, dan dzikir melalui dzikir itu sendiri.
    Banyak-banyaklah berdzikir, dzikir dengan pikir, dzikir dengan hati, dan dzikir dengan perbuatan. Dzikir akan membuka mata hati dan mengasah bathin yang hampir tumpul.
    Maka tugas kita selanjutnya adalah bagaimana kita mendidik diri agar menjadi seorang yang benar-benar berbuat, talk less do more. Tentu, dalam kerangka mencari ridho Allah SWT.
    Reply
  35. terimakasih atas apa yang bapak berikan, elegi ini benar2 luar biasa "Proyek Menghuni Syurga" benar2 harus kita laksanakan!!
    Reply
  36. Herlia Dwi Normalasari
    07301244040
    P.Mat Swa C 07
    Kuliah Filsafat Pend.Mat
    Rabu jam 09.00-10.40, ruang 304

    Tambahan 1 lagi pelengkap dari kesepuluh proyek tersebut mungkin ikhlas, saat smua diberikan tulus tanpa tendensi maka Orang tidak akan lupa bahwa tujuanya adalah rido Allah, dan bukan keinginnan dan ego pribadi masing-masing
    Reply
  37. Rina Yulianingsih
    07301244024
    P.Match Swa C 07
    Rabu (304), 09.00-10.40

    Sebuah blog filsafat yang multi fungsi, bisa belajar filsafat, belajar agama, semuanya ini untuk menambah ilmu pengetahuan. Dan ilmu pengetahuan saya semakin bertambah dengan membaca elegi ini. Terimakasih, semoga saya dan semua orang yang membaca elegi ini dapat bertambah ilmunya.
    Reply
  38. Annisa Nur Muliana
    07301244023
    P.Matematika Swa C
    Filsafat P.Matematika
    Rabu, pukul 09.00-10.40


    Setelah membaca elegi Bapak, saya sadar bahwa proyek menghuni syurga di atas belum semua saya laksanakan. Dengan bapak menulis elegi ini, seolah-olah saya seperti diingatkan agar bisa menjadi penghuni syurga nantinya. Semoga saya bisa melaksanakan proyek di atas, Amin….
    Reply
  39. Pend.Matematika SWA 07 C
    Filsaaft Pend. Matematika

    Segala puji bagi Allah SWT, hanya kepada-Nya kita tunduk.
    Kita tidak akan mungkin bisa menghitung-hitung berapa banyak kenikmatan yang diberikan Allah kepada kita, maka dari itu hendaknya kita wajib bersyukur kepada-Nya. Dan bentuk syukur itu dapat kita dapat kita wujudkan dengan melakukan segala hal yang diperintahkan-Nya dan membuang jauh hal-hal yang dilarang-Nya. Dan rasa syukur itu juga bisa diwujudkan dengan berbuat baik terhadap sekitar kita, karena semua yang berada disekitar kita baik manusia, hewan, tumbuhan, maupun alam semesta ini adalah ciptaan-Nya.
    Reply
  40. Riyanti
    07301244014
    Pend. Matematika Swa C 07

    Assalamu'alaikum..
    Trimakasih pak karena telah membuat elegi ini, setidaknya elegi ini bisa membuka hati para pembaca untuk terus belajar lebih banyak lagi tentang ilmu menuju ke surga. Sesungguhnya ilmu Alloh itu sangat luas, meliputi langit dan bumi. Jika kita ingin belajar banyak tentang ilmu agama, sebenarnya ada banyak tempat untuk mencari ilmu itu di sekitar kita. Bisa mengikutinya lewat pengajian-pengajian yang ada di masjid, atau kegiatan keagamaan yang ada di kampus. Asalkan kita ada kemauan dan kesungguhan untuk mencari ilmu tersebut Insya Alloh, Alloh akan menunjukkan jalan yang benar untuk kita.
    Reply
  41. Nama : Deni Setyarti
    NIM : 07301241038
    Prodi : P.Matematika 07
    Jumat jam 07.00

    Ilmu yang bermanfaat. Semoga pengetahuan, ilmu ini dapat diamalkan.amin
    Reply
  42. risca erviana
    06301241004
    pend matematika sub 06
    filsafat pend mat
    jumat jam 07.00

    sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada bapak yang telah menularkan ilmunya, pengetahuannya kepada kami, terutama tentang agama. serial elegi tasyakuran saya nilai sebagai ynag terbaik, dan tentu saja masih banyak elegi lain yang juga baik. luar biasa sekali proyek surga itu. karena menempatkan hal tentang solat pada nomor 1 dan 2. benar bahwa solat harus diutamakan karena salah satu kedudukan solat adalah untuk membedakan orang mukmin dengan orang kafir. dari elegi ini saya banyak belajar, dan berusaha memperbaiki kualitas saya sebagai hamba Alloh. terimakasi sekali lagi saya sampaikan untuk bapak.. semoga bapak selalu sehat agar terus bisaa berkarya, amiiin.
    Reply
  43. Iin Syam anggraini
    07301241031
    P Mat sub 07
    Filsafat jumat jam pertama

    Alhamdulillah,satu pelajaran lagi dapat kita petik dari elegi ini. Semoga kita dapat memanfaatkan ilmu dengan baik dan meyebarkannya pada orang lain. Amien....
    Reply
  44. FIBRIANA DWI ARYANTI
    07301241025
    PEND.MATEMATIKA SUB '07
    KULIAH FILSAFAT JUMAT JAM 07.00-08.40

    assalamu'alaikum.
    ilmu tidak hanya kita dapat dari buku saja...dengan membaca elegi ini pun saya mendapatkan tambahan ilmu dan tauziah agama...
    Reply
  45. Maya Evi Kurnialita
    07301244020
    P. Mat Swa C
    Filsafat pendidikan Rabu jam 09.00-10.40 (304)

    Elegi yang sangat menggetarkan hati.,saya sadar bahwa proyek surga yang ada pada elegi ini belum sepenuhnya saya laksanakan. Namun seiring waktu dan dengan senantiasa menjalankan perintahnya semoga kita khususnya saya sendiri bisa menyelesaikan proyek surga tersebut. Amien..
    Reply
  46. Sanni Merdekawati
    07301241047
    Pendidikan Matematika R 07
    Kuliah Filsafat Jumat jam 07.00

    Assalamu'alaikum

    Allahuakbar . Allah Maha Besar. Sungguh elegi ini membuka mata hati saya pak.
    membuat saya merasa jauh sekali dari kesempurnaan beribadah dan beramal di jalan Allah.
    Kami mohon doa restu pak,untuk selalu menimba ilmu Dunia dan Akhirat. Semoga apa apa yang kita
    lakukan dalam menggapai ridho Allah mendapatkan berkah dari yang maha kuasa. Mohon maaf atas segala
    kesalahan yang telah kami perbuat selama ini pak. Semoga bapak selalu diberi kesabaran dalam
    mendidik dan membimbing kami semua. Amin
    Reply
  47. Agustyani Sari Ratna Dewi
    07301244053
    Pend. Mat Swa C
    Filsafat Pend. Matematika
    Rabu, 09.00-10.40

    Terimakasih pak atas elegi religinya. Saya tertarik dengan point pertama, semoga setelah membaca elegi ini semakin mengingatkan saya untuk selalu mensegerakan sholat setelah mendengar adzan dan tidak menunda-nundanya..
    Reply
  48. Hani Dwi Hastuti
    07301241015
    Pendidikan Matematika R 07
    Kuliah Filsafat Jumat jam 07.00

    elegi pembuka ritual ikhlas yang sangat penting pak,,,
    terimasih pak
    Reply
  49. Noviana Anggraini
    07301241037
    P. Mat R 2007
    Filsafat P. Mat
    Jumat jam 7.00
    Alhamdulillah, terima kasih pak. Banyak ilmu terutama ilmu agama dalam elegi ini.Tapi ada hal menggelitik yang ingin saya tanyakan,pada penjelasan elegi di atas
    Dari Imam Al-Hasan Al-Askari as: “karakteristik mukmin ada lima: melakukan salat lima puluh satu rakaat, ziarah arba’in, memakai cincin disebelah kanannya, bersujud dengan pelipis, dan menzaharkan Bismillahirrahmanirrahim”
    Saya baru mengetahui hal ini dari elegi bapak. Bagimanakah maksud dan penjelasan Ust. Jalaludin Rachmat terhadap uraian tersebut?Terima kasih pak.
    Reply
  50. RATNA INDRAYANI
    07301241019
    PENDIDIKAN MATEMATIKA REGULER 07
    FILSAFAT PENDIDIKAN
    JUM'AT 07.00-08.40 (302)

    Assalamu'alaikum...

    pak marsigit,, saya yakin posting seperti ini akan menjadi amal jariyah kelah,,,, terima kasih pak blog ini telah mendatangkan banyak manfaat untuk kehidupan saya dari berbagai sisi,,,,

    semoga terus giat menulis dan semakin banyak lagi hikmah yang dapat kami petik,,,,,Amien,,,,

    wassalamu'alaikum wr wb
    Reply
  51. Ass..untuk semuanya..amin. Semoga kita semua selalu memperoleh kecerdasan hati dan kecerdasan pikir. Amin
    Reply
  52. Fety Herira A
    07301241024
    Pend Matemetika'07
    Jumat, 07.00

    Elegi tasyakuran, dengan membaca elegi ini saya merasa mendapatkan tausiah. Dan semoga ini bermanfaat bagi kita semua.
    Reply
  53. Dosaku selama ini sangat banyak dapatkah saya berusaha untuk menguranginya untuk kehidupanku kedepan Ya Alloh beri aku kekuatan untuk mengurangi rasa malasku dalam beribadah amiii.
    Reply
  54. Latiefatut Taqiyya
    07301241013
    Pend Matematika R 07
    Kuliah Filsafat Pend. Matematika
    Jumat, jam 07.00-08.40
    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Subhanallah.. luar biasa program pengajian yang dilaksanakan oleh sang Bagawat Selatan yaitu tentang Proyek dan Program Menghuni Syurga. Dengan adanya pengajian akbar ini, ada seorang pembicara yaitu Ustadz Jalaludin Rahmat yang memberikan tausiah mengenai cara-cara dan tindakan seorang mukmin agar menjadi ahli syurga di masa mendatang kelak. Amin.
    Reply
  55. ERNI PUJI ASTUTI
    07301241010
    PENDIDIKAN MATEMATIKA SUB’2007
    FILSAFAT PENDIDIKAN MATEMATIKA
    JUMAT, 07.00-08.40

    Dalam elegi ini saya dapat mempelajari bagaimana cara kita membangun proyek penghuni surga, dengan udah elegi ini sanga bermanfaat sekali untuk saya dalam mempelajari agama lebih dalam. Saya tidak jarang mengikuti pengajian baik di desa maupun di kabupaten tetapi terkadang ilmu yang saya dapatkan sedikit, saya merasa kurang.
    Ada suatu pengajian yang hanya melantunkan sholawat-sholawat nabi tetapi memuat saya menangis waktu itu pengajian di Gedong Kiwo. Semoga keimanan saya bertambah setelah membaca elegi-elegi berikutnya.
    Reply
  56. dian krismayanti
    07301244018
    p.mat swa c
    rabu, 09.00-10.40, 304


    ibadah yang paling utama adalah shalat, setiap kita membaca alhamdulillah Allah akan tanamkan satu pohon di syurga. yang ingin saya tanyakan pak, seandainya ada iming2 seperti diatas bukankah kita akan melakukan segala ibadah untuk mendapatkan imbalan??bukankah yang diutamakan adalah keikhlasan?
    Reply
  57. ENI MAWARTI
    07301241011
    PENDIDIKAN MATEMATIKA SUB'07
    FILSAFAT PENDIDIKAN MATEMATIKA
    JUM'AT JAM 07.00 - 08.40 DI 302


    Kita sebagai manusia wajib bersyukur atas semua yang diberikan Allah SWT kepada kita. Salah satu bentuk syukur kepada Allah SWT adalah seperti yang dilakukan oleh begawat Selatan yaitu mengadakan tasyakuran spiritual dengan cara mengadakan pengajian akbar. Saya sangat setuju dengan apa yang dilakukan oleh Begawat Selatan beserta keluarganya.
    Dalam elegy di atas Ustad jalaludin Rahmat menyampaikan tentang bagaimana mengembangkan proyek penghuni syurga yang salah satunya dengan memelihara waktu sholat. Jujur saja, saya dalam menjalankan sholat itu tidak tepat waktu kebanyakan waktunya molor. Tetapi, saya tetap berusaha untuk menjalankan ibadah sholat dengan tepat waktu. Dan untuk menjalankan hal itu dibutuhkan dorongan atau niat dalam hati. Disamping itu, dibutuhkan keikhlasan. Tanpa semua itu, akan terasa sulit dalam menjalankannya. Mari kita jalankan ibadah sholat secara tepat waktu. Mudah – mudaha kita bisa memelihara waktu sholat kita. Amin
    Reply
  58. Uki Rahmawati
    07301241003
    Pend. Matematika Sub 07
    Filsafat Pendidikan matematika
    Jum’at jam 07.00-08.40

    setelah membaca elegi ini sungguh saya merasa bahwa diri ini masih terlalu banyak kekurangan... syurga adalah dambaan setiap hamba Alloh.. Subhanalloh jika membicarakan tentang syurga.. semoga melalui proyek ini dapat kita renungkan dan laksanakan apa yang benar-benar menjadi tugas kita untuk dapat memperoleh kebahagian di dunia dan akhirat.. Amin
    Reply
  59. Hengkang Bara Saputro
    07301244010
    Pendidikan Matematika Swa C 07
    Filsafat Pendidikan Matematika
    Rabu, pukul 09.00 – 10.40

    Assalamualaikum…
    SubhanaAllah,, Sungguh luar biasa elegy bapak yang satu ini…
    Saya tertarik dengan point ke delapan mengenai silahturahmi. Banyak keutamaan dari silahturahmi. Bhkan silaturahmi adalah sarana syiar islam yang sangat efektif, sarana tausyiah, saling mendoakan dan mengingatkan, dsb.. Semoga kita selalu menjadi umat yang senantiasa mampu menjaga dan memperluas silahturahmi kita… Amin..
    Reply
  60. nurina lestiyaniJune 20, 2010 5:36 PM
    Nurina lestyani jayanti
    Pendidikan matematika
    07301244037
    Filsafat pend. Matematika
    Rabu , 09.00-10.40 wib
    Saya sangat bersyukur sekali karena dengan membaca elegi diatas saya semakin menyesali semua yang telah saya abaikan belakangan ini. Dulu sewaktu saya masih bersama orang tua, saya selalu menjalankan semua yang diuraikan diatas walaupun tidak 100%, namun ketika saya hidup sendiri jauh dari orang tua kenapa kebiasaan baik saya sedikit demi sedikit menghilang dari kehidupan. Saya sangat menyesal, saya harus berusaha mengembalikan kebiasaan baik yang dulu sering dilakukan bersama keluarga. Saya mohon doanya…
    Oya bapak, mau tanya apa arti dari menzaharkan basmalah ?tolong dijelaskan. Terimakasih
    Reply
  61. Nurel Amelya
    10708259016
    Pendidikan Sains kalsel 2010

    Assalamu'alaikum
    Subhanallah.....
    Semoga kita dapat selalu ikhlas mengikuti proyek program penghuni surga.
    Reply
  62. Ass. Wr. Wb
    Surga merupakan tempat yang suci dan hanya bisa dimasuki oleh orang-orang yang suci. Karena itu, bila seseorang ingin masuk ke dalam surga, janganlah ia mati dalam keadaan bergelimang dengan dosa. Untuk itu, setiap manusia harus bertaubat sebelum mencapai kematian. Taubat adalah kembali kepada Allah, sedangkan orang yang berdosa adalah orang yang menjauhi Allah dengan segala ketentuan-Nya. Karena kita tidak tahu kapan kematian akan datang kepada kita dan kita menyadari bahwa kematian itu bisa datang kapan saja, maka taubat harus kita lakukan sesegera mungkin, jangan ditunda besok, pekan depan, bulan depan, tahun depan apalagi kalau ditunda hingga usia kita sampai tua, hal ini karena belum tentu kita bisa hidup sampai tua.

    Keinginan kita untuk bertaubat harus diwujudkan dengan taubat yang sebenar-benarnya, yakni dengan memahami dan menyadari bahwa kita telah melakukan kesalahan, menyesali kesalahan itu, bertekad untuk tidak mengulangi kesalahan itu, menyatakan permintaan maaf, dan membuktikan kehidupan yang lebih baik. Bila hal ini sudah kita laksanakan, niscaya Allah swt memberikan tiket kepada kita untuk bisa masuk ke dalam surga, Allah berfirman yang artinya: Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kamu kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai (QS At Tahrim, 66:8).
    Reply
  63. Terima kasih Pa atas elegi ini.
    semoga saya dapat sukses melaksanakan 10 butir proyek surga ini.
    Amin
    Reply
  64. Terima kasih Pak..
    Dengan elegi ini saya merasa diingatkan kembali pentingnya mempersiapkan masa depan pada kehidupan lain sesudah kematian. Yaitu kehidupan surgawi..
    Reply
  65. nuryadi, S.Pd.Si
    S2 PMAT A

    Orang hidup di dunia ini bukan semata-mata hanya "mampir ngombe" atau untuk bersenang-senang tetapi manusia harus menjalankan ibadah menyembah pada Allah SWT dan menjalankan perintah-Nya, menjauhi larangan-Nya. Hal ini bertujuan sebagai bekal di hari akhir dan masuk surga(impian tertinggi setiap orang islam). Kaadang kita berfikir mungkinkah bisa masuk surga, adakah jaminan orang islam benar-benar masuk surga. Begitu banyak dosa yang kita lakukan, sungguh tak terkira besar mana antara kebaikan dan keburukan. Mungkin yang di terangkan dalam elegi ini tentang proyek surga kita amalkan dengan sungguh-sungguh insya Allah jalan menuju surga terbuka bagi kita
    Reply
  66. Memelihara waktu shalat ini adalah hal yang paling berat untuk dilakukan, karena mau tidak mau kita pada saat-saat tertentu akan tidak dapat melaksanakan shalat dengan tepat waktu, semoga Allah dapat mengampuni..Amin
    Reply
  67. "Bertasbih dengan Tasbih Azzahra"

    yang dimaksud tasbih Fatimah itu yang bagaimana ya,Pak?
    terima kasih
    Reply
  68. segala puji bagi Allah yang menciptakan lngit dan bumi... dan menjaganya siang dan malam ....
    menbaca elegi ini membuat saya mendapat tambahan ilmu,mengingatkan saya kembali bahwa untuk mendapatkan surga kta harus berusaha maksimal...
    terima kasih pak atas ilmunya... semoga bermanfaat bagi kita semua...
    Reply
  69. Lita Maryana (07410009). Math UPY...
    Assalamualaikum wr. wb...
    Terima kasih atas elegi-elegi yang telah Bapak paparkan, karena sangat menyentuh dan menambah ilmu saya sehingga saya lebih termotivasi lagi untuk berbuat hal-hal yang lebih baik lagi.
    Reply
  70. Membaca judulnya saja hati saya bergetar "Proyek Surga", semua pasti mau mengikuti proyek itu, terima kasih buat eleginya, bermanfaat bagi saya dan mudah-mudahan saya dapat menjalaninya, amien. Sekaligus memotivasi saya untuk mengetahui proyek kedua.
    Reply
  71. murti harya q(0814410042)
    Kita ketahu bahwa kita tak mempunyai hal yang sempurna kecuali dia yang maha sempurna tapi kita mencoba berusaha untuk mendekatkan diri kepadanya dengan hal yang di intuisi oleh elegi yang indah ini sebagairas cinta kita dengan kepada allah menjalankan printah dan menjahui laranganya dengan nilai – nilai yang terkandug didalamnya yang mungkin belum tahu yang sesungguhya mari kita renungkan sejenak tentang diri kita yang masih banyak kekurangan.???
    Reply
  72. Lukman H (07420037)
    Pend.MAth.UPY
    Assalamualaikum wr.wb.
    Kita hidup didunia ini ibarat sebuah kapal yang sedang berlayar menuju kesuatu tujuan tertentu tergantung amal perbuatan kita selama di dunia ini.
    Kita hidup ini kalau mau selanat dunia akherat kita harus bisa sikap dan tingkah laku kita didunia, jalan semua perintahNya dan jauhi segala laranganNya.
    Kita harus bisa selalu mencari ridlo dan rahmat Nya agar kita bisa selamt dunia akherat.
    Reply
  73. assalamu'alaikum, wr.wb.
    subhanallah..., semoga dengan elegi ini kita dapat selalu diingatkan untuk selalu berjalan menuju ridho-Nya. trimakasih banyak Bapak atas dimunculkannya elegi ini, semoga menjadi amal ibadah Bapak Marsigit, amin...
    Bapak, saya belum mengetahui dengan tasbih Fathimah, mohon penjelasannya..
    trimakasih banyak Bapak.
    mohon maaf atas keterbatasan saya.
    Reply
  74. Ahmad Rosyim (08144100053)
    UPY
    Assalamu’alaikum…
    Ketika menyinggung tentang sholat berjamaah saya menjadi teringat akan bapak saya, ketika di kota ini saya dimanjakan dengan aturan semaunya yang tidak ada yang mengatur saya sendiri berbeda ketika saya pulang kekampung yang notabenya masyarakatnya sangatlah berbeda dengan situasi dikota ini khususnya ketika saya benar-benar dalam awasan orang tua terutama bapak dalam urusan shalat berjamaah kata beliau “sitol(panggilan anak laki-laki umum di daerah wonosobo) ! Nang sregep shalat jama’ah disampeng lipetna ganjarane nek deke milu jama'ah iki saumpama ana seng ketampa siji meskipun nang kono ana wong 100 nek seng ketampa 1 kabeh ditampa sholate, bayangna maneng nek deke arep melbu lapangan lewat loket karcis nek deke mangkat dewek mesti rada angel tapi nek mangkate bareng2 byasane ampang semana uga nek dke shalat dewek karo shalat jamaah” ”nak rutinlah shalat berjamaah disambing pahalanya lebih besar seandainya kamu ikut jamaah ada yg diterima 1 meskipun disitu ada 100 jamaah kalau yang diterima satu semua sholat yang 99 itu juga ikut diterima, bayangkan lagi jika kamu mau masuk lapangan lewat loket karcis kalau kamu brangtkat sendiri bysanya dibuat sulit sedang kalau brangkat bareng 2 bysanya mudah seperti halnya kalau kamu sholat sendiri sama berjamaah”
    Sekarang saya baru mau mengerti tentang nasihat bapak saya bahwasanya pada intinya beliau mengarahkan saya kepada jalan surga
    Untuk kesekian kali saya mengucapkan terimakasih atas posting elegi bapak yang banyak memberikan pengaruk kepada saya
    Reply
  75. Semoga saya bisa menuju proyek surga yang telah Bapak tuliskan di atas. Amin.
    Reply
  76. Proyek ke-6: berdzikir
    dzikir artinya mengingat Allah
    jika kita selalu mengingat Allah maka Allah pun akan selalu mengingat kita. seperti potongan lirik lagu bimbo:
    "aku jauh Engkau jauh, aku dekat Engkau dekat"
    Reply
  77. Alhamdulillah, saya ucapkan syukur setelah membaca elegi ini yang berisi kajian spiritual yang semoga semakin membangun keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

    Yang patut dicermati, adalah hikmah dari kajian ini. Ternyata yang menjadi patokan pertama seseorang untuk lebih dahulu masuk Surga adalah "bagaimana shalatnya seseorang", maka kerugian yang amat besarlah bagi orang yang melalaikan shalatnya. Sungguh Allah SWT Maha Adil, segala keadilan berasal dari-Nya, semoga kita bisa memaknai segala petunjuk dari-Nya. Amiin
    Reply
  78. Assl. Terkait poin kedua, apa pendapat teman-teman dengan perkataan sahabat Abu Hurairah radhiallahu anhu : “Penuhnya telinga anak Adam dengan timah yang mendidih lebih baik baginya daripada ia mendengar seruan (adzan) tetapi ia tidak memenuhinya.”
    Astaghfirulloh...
    Reply
  79. Melalui elegi ini saya mendapat pencerahan rohani, semoga saya dapat memelihara solat karena sesungguhnya solat itu mencegah perbuatan yang keji dan mungkar serta semoga saya dapat mengamalkan ibadah-ibadah yang lain seperti solat sunat dan puasa sunat agar keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT semakin kuat dan terpelihara.
    Reply
  80. murni 10708251054

    proyek menuju surga...sungguh menarik indah kelihatannya..namun begitu sulit jika dipraktekkan..smga kita termasuk orang - orang dapat melaksanakan ke 10 proyek tersebut,,smua tergantung apa niat kita,,amin
    Reply
  81. rukun islam yamg pertama membaca dua kalimat sahadat, yang kedua shalat. shalat terlihat mudah tetapi dalam prakteknya sangat sulit apalagi untuk menuju kekhusuan. saya ingat waktu kuliah S1 dulu pada mata kuliah agama islam. dosen saya bertanya " mengapa orang mengerjakan shalat masih melakukan perbuatan keji dan mungkar, padahal shalat sendiri mencegah perbuatan keji dan mungkar" jawabnya adalah karena kita tidak khusuk dalam shalatnya.jalan untuk menuju kekhkusuan sendiri adalah
    1. shalat jangan berpindah-pindah tempat
    2. memakai perlengkapan seperti sajadah atau mukena jangan ganti-ganti
    3.tepat waktu
    4. dan lain-lain
    Reply
  82. Surga memang dambaan setiap makhluk, tidak peduli yang jahat ataupun makhluk yang baik semuanya pasti mendambakan pada akhir hayatnya masuk ke dalam surga, tinggal bagaimana cara yang mereka tempuh untuk mencapai kedamaian abadi tersebut.
    Semoga kita semua dapat masuk ke surganya Allah, Amin.....
    Reply
  83. neni.widyaningrum,
    upy (matematika)

    ass,,,
    elegi bapak ini patut untuk selalu di baca oleh orang2 yang ingin mengetahui apa saja yang menjadi sarana-sarana masug surga. banyak orang yang perlu tahu tentang elegi ini.karena setiap orang juga mendambakan dirinya itu masug surga.
    dan dengan elegi ini pula orang2 juga akan lebih lagi berlomba untuk mendapatkan surganya.
    Reply
  84. Dalam menggapai surga Allah, tentunya tidak hanya menjalankan ritual ibadah secara vertikal saja (hanya kepada ALLAH) semata.. Tetapi juga harus menjalan nilai ibadah secara horizontal terhadap makhluk di sekitar kita.. yang sering dikenal dengan Habluminallah dan Habluminannas.. Dari Elegi di atas ada proyek menggapai surga dengan berbuat baik (beribadah kepada ALLAH) dan berbuat baik kepada sesama manusia..
    Reply
  85. Suhartini (10709251028)

    Assalamualaikum......
    Subhanallah..... sangat tersentuh hati saya membaca posting elegi ini. Semoga kita selalu bertasbih kepada Allah dan selalu menjalankan perintahNya. Amin.....

    Wassalamualaikum......
    Reply
  86. Ika
    UPY 07410024

    Ass...

    Istilah jawa mengatakan "urip ming mampir ngombe"
    Kita hidup didunia ini hanya sebentar,apa yang kita miliki saat ini itu semua dari Allah, Yang
    kita punya di dunia ini tidak akan kita bawa mati,maka marilah kita perbanyak berbuat baik,lakukanlah perintah-perintahNYA dan jauhi segala laranganNYA, karena yang kita bawa mati itu hanyalah amal ibadah kita.
    Karena surga adalah dambaan setiap insan manusia..

    terima kasih...
    Reply
  87. Ya Allah baguskan agamaku karena ia peganganku. Baguskan duniaku karena disitulah hidupku dan baguskan akhiratku karena tempat kembaliku. Jadikan hidupku ini kesempatan utk memperbanyak amal soleh dan jadikan matiku tempat istirahat dari semua keburukan.(HR. Muslim)
    Reply
  88. ass...
    Allah maha pengasih dan maha penyayang.., semua petunjuk untuk mendapatkan surga pada kehidupan di akherat sudah dijelaskan semua dalam Al Quran dan hadist. Sebagai hamba Allah harusnya mengikuti petunjuk yang Allah berikan tapi pada kenyataannya sulit sekali untuk melaksanakannya dengan sungguh-sungguh, sering kali kita lalai dan mengabaikan perintahNya, tiap hari pasti ada saja dosa yang kita perbuat. Selama syaitan diperintahkan menggoda manusia, hanya atas seijiin Allah kita bisa menjadi penghuni surga kelak..
    wass..
    Reply
  89. Ass.Wr.Wb
    Setelah saya membaca proyek surga ini dari pertama hingga ketiga.
    Saya menyadari ternyata masih banyak hal yang perlu saya lakukan terima kasih pak Marsigit telah mengingatkan saya.
    Insya Allah dengan niat yang ikhlas hanya untuk Allah semata saya dapat melakukan semua proyek itu, walaupun tidak mudah.
    Namun itu semua berawal dari niat kita sendiri
    Reply
  90. Assalamu'alaikum...
    Terima kasih bapak, elegi ini benar-benar memberi manfaat terutama bagi diri saya sendiri setelah membacanya. Karena elegi ini benar-benar menyentuh hati saya… semoga kita semua bisa menjadi manusia-manusia yang dapat memenuhi itu semua. Dalam kenyataannya manusia memang haus dan miskin akan akhlak, karena manusia tidak bersyukur atas apa yang telah dikaruniakan pada kita. Hidup kita di dunia ini membutuhkan siraman rohani yang mampu menyejukkan jiwa dan hati. Banyak orang yang bingung dengan hatinya, bahkan tidak mengenal dirinya..Semoga elegi ini selalu mengingatkan saya dan senantiasa untuk melakukan amalan-amalan agar kelak menghuni syurga, Amin….
    Selain itu mudah-mudahan elegi ini juga memberi manfaat bagi pembaca semuanya yang mempunyai keingintahuan. Amin...
    Wassalamu’alaikum, Wr. Wb
    Reply
  91. assalamu'alaikum...,,
    Subahanallah elegi sangat bagus dan menyentuh untuk dibaca, karena didalamnya tentang pintu surga,Setiap orang pasti ingin masuk surga tetapi kebanyakan orang tidak mau menjalankan peritah-perintahnya dan hanya memikirkan dunia saja. Semoga dengan membaca elegi ini kita menjadi lebih baik dan lebih taat dalam menjalakan perintah sehingga kita mendapatkan pintu surga.Amin............
    Reply
  92. Assalamu’alaikum Warakhmatulahi Wabarakatuh…..Edi Muji Hartono UPY (08144100104)
    Allah Telah menjanjikan kepada umatnya Surga, yaitu kepada umatnya yang taqwa dan beriman. Untuk itu manusia harus berusaha agar memperoleh surge Allah. Salah satu caranya adalah Memelihara Waktu Shalat. Shalat merupakan salah satu perintah Allah. Untuk itu kita sebagai makhluknya harus menjalankan perintah shalat dengan sebaik-baiknya. Karena salat adalah kunci kita masuk surga, barang siapa baik shalatnya maaka baik pula amal ibadah yang lainnya,….
    Reply
  93. Ass...
    Elegi ini sangat bermanfaat bagi saya, mengingatkan kita untuk selalu mendekatkan diri kepada-Nya. Jika surga dan neraka tak pernah ada, masihkah kita menyembah kepada-Nya...
    Ternyata masih banyak hal yang harus saya perbaiki...
    Reply
  94. wiwit wahyu rosmawati
    08301244012
    pend matematika nr 2008

    SubahanAllah, begitu mulianya ALLAH SWT. Bahkan beliau tidak mau melihat satupun umatnya menderita di akherat, sehingga dengan penuh KEAGUNGAN Beliau memberi kita petunjuk - petunjuk untuk mencapai surga-NYA. sungguh orang yang sangat merugi, jika sudah diberi petunjuk tetapi tidak melaksanakannya.

    semoga kami termasuk orang - orang yang akan menikmati surga-NYA, AMIN.
    Reply
  95. assalamu`alaikum...
    jalan menuju syurga memang sangatlah berat...
    tapi ketika kita sadar bahwa dibalik semua perjuangan kita menuju syurga ada sebuah kebahagian yang kekal abadi maka akanlah sangat mudah semua kewajiban2 dan sunah2 itu untuk dilaksanakan...
    semoga kita termasuk orang2 yang selalu menjaga hati untuk berjuang menuju syurgaNya..
    aminn..
    Reply
  96. Asri Mulat Rahmawati
    08301244036
    Pendidikan Matematika Swadana 2008

    Assalamu’alaikum

    elegi ini selalu meningatkan saya dengan keindahan surga yang tidak bisa digambarkan. tetapi saya belum bisa menempuh semua yang bisa membuat kita menjadi penghuni syurga yang kekal di dalamnya. solat berjamaah, solat sunah, berdzikir, membaca al-qu'an. itu yang sangat mendasari proyek mengembangkan syurga Alloh.
    Reply
  97. Kelas P.Mat Sub 2008

    Elegi ini mengingatkan saya pada sebuah hadist yaitu :
    Rasulullah SAW pernah bersabda, “Amal shaleh yang kalian lakukan tidak bisa memasukkan kalian ke surga”. Lalu para sahabat bertanya, “Bagaimana dengan Engkau Ya Rasulullah?”. Rasulullah SAW menjawab, “Amal shaleh saya pun tidak cukup”. Lalu para sahabat kembali bertanya, “Kalau begitu, dengan apa kita masuk ke surga?”. Nabi SAW menjawab, “Kita dapat masuk ke surga hanya karena rahmat dan kebaikan Allah SWT semata”.

    Hubungan antara elegi ini dengan hadist diatas sangat nyata, proyek diatas adalah semata mata untuk menggapai rahmat Allah yang maha dahsyat. Bila kita sudah berusaha sekuat tenaga untuk berusaha melaksanakan proyek diatas maka kemudian tinggal kita serahkan segalanya kepada Allah, semoga kita termasuk golongan orang yang diberi rahmat oleh Allah SWT, amien.
    Reply
  98. saya hanya ingin mengatakan bahwa proyek menghuni syurga ini sangat luar biasa, telah mncakup semua aspek unuk menuju Jalan Allah. Kalau boleh saya menambahkan yang kesebelas : Keikhlasan dalam menjalaaankan ibadah itu semua. terima kasih.
    Reply
  99. Endra Ari Prabawa
    07301244071
    Filsafat Pendidikan Matematika

    Hanya Allah yang maha menguasai akan segala sesuatu, Termasuk menentukan seorang hamba menggapai surga atau terjerumus ke neraka, semua kembali pada ikhtiar manusia untuk selalu berusaha menjadi yang terbaik dalam setiap usahanya untuk meraih keriaan-Nya.
    semoga kita terliput ke dalam orang-orang yang selalu diberikan hidayah, amin..
    Reply
  100. aslkm,,,

    sholat adalah amalan yang pertama kali dihisab. shalat adalah tiang agama, begitu untamanya amalan shalat. semoga kita bisa menjaga shalat kita dengan shalat tepat waktu secara berjamaah dan memperbanyak shalat-shalat sunah dalam sisa waktu kita...amin
    Reply
  101. asslmkum..
    pak, saya sangat setuju dengan elegi- elegi yang bapak tulis, terutama dengan elegi yang bersifat islami. karena dengan membaca elegi tersebut membuat kita menyadari bahwa kebutuhan spiritual seseorang adalah hal yang harus dipenuhi..
    Reply
  102. Hikmah yang dapat saya ambil dari elegi ini adalah betapa utamanya shalat karena shalat merupakan amalan yang pertama kali akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak. oleh karena itu mari kita bersama-sama menjaga dan melaksanakan shalat kita dengan baik.
    Reply
  103. Proyek menghuni surga ini sangat bagus. Mengapa? Karena ada berbagai aspek yang harus kita kembangkan dan penuhi. Jadi kita bisa membekali diri kita dengan berbagai amal yang isnyaAllah menolong kita di hari akhir nanti. Mari kita jaga ibadah kita yag sudah baik dan kita tingkatkan ibadah kita yang masih kurang.
    Reply
  104. Proyek Surga.. mari menabung amalan-amalan kebaikan agar proyek kita menuju Surga dapat terlaksana.
    Reply
  105. Miftakhus Sholikhah
    08301241016
    P.Mat Sub'08

    Apa yang telah tertulis dalam elegi ini sungguh memberikan manfaat yang begitu luar biasa. Sebagai peringatan kepada kita untuk selalu melaksanakan amalan-amalan kebaikan untuk mandapatkan hidayahNya dan untuk menuju surgaNya...
    Reply
  106. ika mahanani
    08301244045
    pend. matematika swa '08

    belajar memang bisa dari manapun...contohnya sekarang, saya bisa belajar dari elegi bapak yang satu ini,,sebelumnya kurang begitu tahu, tapi sekarang sudah sedikit mengerti meskipun belum semuanya, tapi setidaknya ada sedikit pelajaran yang dapat saya ambil setelah membaca elegi ini. untuk selanjutnya saya bisa mencari tahu di buku atau referensi lain.
    Reply
  107. Assalamu 'alaikum Bapak....
    Subhanallah...Sungguh Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Allah menyediakan surga tetapi Allah juga memberikan cara-cara menjadi ahli surga. Sepuluh amalan yang bisa dijadikan jalan untuk menggapai ridhonNya menjadi ahli surga. Sungguh Allah tak pernah mempersulit hambaNya....
    Semoga dari ilmu yang Bapak berikan bisa saya amalkan dan bermanfaat. Amien ya Allah...
    Reply
  108. ternyata sungguh berat untuk menjadi ahli surga. Apalagi kita sebagai orang awam,yang tidak mempunyai pegangan yang kuat.Ya alloh teguhkanlah imanku,dan jangan sekali-kali engkau memberikan cobaan yang berat, karena aku takkan sanggup tuk memikulnya.allohumma dollamna anfusana wainlam tagfirlana watarhamna lanakunanaminal hosirin
    Reply
  109. Hemi eviana fitri
    P mat sub 08
    08301241034

    Itulah memang yang seharusnya senantiasa tidak boleh kita tinggalkan. Hal tersebut seharusnya kita lakukan semata-mata sebagai wujud rasa syukur kita terhadap nikmat yang telah dianugerahkan oleh Allah kepada kita..
    Reply
  110. Subhanalloh.Alloh tidak mempersulit hambanya dalam beramal.Alloh tunjukkan segala sesuatu yang menjadi petunjuk menuju surga-Nya.Alloh tunjukkan kuasa-Nya.Semoga kita semua selalu dalam naungan-Nya dan beramal sebanyak-banyaknya.Amin.
    Reply
  111. dengan membaca elegi-elegi bapak saya tidak hanya belajar filsafat tetapi saya banyak memperoleh ilmu tentang agama islam tentang bagaiman seharusnya seorang muslim berperilaku, bertindak dan bagaimana kita bisa memperoleh ridho-Nya.,
    Reply
  112. assalamu'alaikum

    terima kasih sebelumnya Pak karena elegi ini memberi sya bnyak nasehat. membaca elegi Bapak seperti siraman rohani. Allah memberikan kita bnyak sekali kemudahan-kemudahan, semuanya sudah tertulis dengan jelas tetapi kita kadang masih sering mengindahkannya.
    Reply
  113. Meita Fitrianawati
    08301244015
    P.Mat swa 08

    Ass
    banyak manfaat yang telah disampaikan dalam elegi ini tentang agama islam khususnya
    semoga kita dapat menjalankan apa yang dituntunkan Allah
    dan semoga Allah memberikan petunjuk agar kita termasuk2 orang bertakwa
    Reply
  114. memelihara waktu sholat:merupakan sebuah ungkapan pemerdalam dari mendirikan sholat...terima kasih pak..
    Reply
  115. NIsa Ul Istiqomah_038


    sebenarnya berbuat baik dan berpahala itu sangat mudah...
    namun kita saja sebagai manusia yang kurang rasa syukurnya terhadap nikmat Allah..
    Reply
  116. Hidup merupakan paduan dari berbagai peristiwa, semuanya adalah bagian dari rahman rahim Alloh yang harus di syukuri. Rasanya tidak mungkin bisa bahagia sampai bahagia kita bisa membuat orang lain bahagaia. Tujuan akhir hidup adalah Alloh, namun perlu direnungkan dan menjadi bahan bermuhasabah, sudah sejauh mana perjalanan hidup untuk sampai kepada tujuan akhir, dan sudah sedekat apa dengan syurga..
    Reply
  117. Semoga ceramah spritual edisi pertama ini dapat menyuburkan sisi spiritual diri ini, dan sanggup untuk diterapkan pada kehidupan keseharian para pembaca. Amiin.
    Reply
  118. m. putrining tyas
    08301241037

    sangatlah baik kita banyak berkomunikasi dengan-Nya. salah satu caranya ialah berdoa. bagi umat muslim, setahu saya, shalat dan dzikir sangat baik dilakukan. baik yang wajib maupun yang sunah, karena disitulah mereka dapat berkomunikasi dengan Tuhan. oleh karena itu, banyak berdoa adalah sangat mulia.
    Reply
  119. (Nevi Narendrati/p mat swadana 2008)
    Ass.wr.wb.
    Elegi yang sangat bermanfaat, Pak.
    Intinya, mari kita semua banyak-banyak beramal kebaikan, menabung untuk kehidupan akhirat kelak. Disiplinkan amalan yang utama. Semoga Allah selalu memberikan petunjuk. Amien
    Terima kasih. Wass.wr.wb.
    Reply
  120. Subhanallah p.marsigit,,elegi elegi bapak sungguh banyak manfaatnya, baik untuk belajar filsafat ilmu maupun spiritual. Filsafat memang sarana untuk menjembatani antara pikiran, hati dan spiritual. smoga blok ini semakin banyak mendatangkan manfaat kepada kita semua. amin..
    Reply
  121. elegi ini yang menjelaskan bagai mana meraih syurga dengan shalat, shalawat, istighfar, berdzikir, menjaga silaturahmi, menyesali dosa dan baik dalam bergaul seolah merupakan proyek syurga namun juga membawa kebaikan di dunia (menjaga silaturahmi dan baik dalam bergaul). Secara tidak langsung elegi ini berusaha mencapai kebaikan horizontal dan vertikal. Semoga kita dapat mencapainya, Amin.
    Reply
  122. Ass...
    Setelah membaca elegi ini, saya lebih mengerti tentang bagaimana kita mempersiapkan diri untuk kehidupan di dunia yang berbeda yaitu di akhirat. Jukalau kita inggin menggapai syurka Allah SWT maka hendaklah kita lakukan hal yang sesuai dengan yang tertulis dalam elegi ini dengan segenap perasaan dan keiklasan sehingga jikalau kita melakukannya dengan penuh rasa ikhlas, maka Allah SWT insyaallah dapat mengabulkan segala sesuatu yang kita minta. Akan tetapi kita tidak boleh menyombongkan dengan apa yang telah kita peroleh.
    Reply
  123. Banyak jalan kebaikan yang dapat kita tempuh untuk menuju syurga, hanya saja terdapat jalan-jalan umum yang sering kita lewati untuk menuju kesana, semoga dengan melewati jalan yang umum ini kita dapat sampai ke syurga. Amin ya robbal 'alamin.
    Reply
  124. mariana ruwi
    08301244044
    p.mat swa 08

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih kpd pak marsigit krn tlh memberikan elegi ttg ajran islam yg sngat bermanfaat utk umat islam khususnya.dg membaca elegi bapak ttg ajaran islam saya menjadi terenyuh dan ingin lbh mndalami ilmu didalamnya.apalgi dg adanya elegi ini.byk skali jln yg hrs kita lewati utk mnuju surga.
    Reply
  125. Assalamu’alaikum...
    Elegi yang benar-benar menginspirasi saya untuk dapat selalu bersyukur dengan apa yang telah saya alami entah itu cobaan, pujian, maupun yang lainnya...
    Jika satu-satu amalan diatas kita amalkan maka kita telah membuat bangunan sedikit demi sedikit untuk membangun surga impian kita yang sesungguhnya dan pastikanlah bahwa kita benar-benar sebagai penghuninya...
    Reply
  126. Siti Rahayu
    08301244055
    Pend. Matematika Swa ’08

    Dengan membaca elegi di atas saya memperoleh pencerahan dalam jiwa saya.. Semoga saya dapat mengamalkan ibadah-ibadah yang dapat membuat masuk surga. Senantiasa menjaga hati dari perbuatan yang dibenci Allah, kalau kita sudah terlanjur berbuat dosa maka segeralah mohon ampun kepada Allah dan bertaubat untuk berjanji tidak mengulanginya lagi...
    Reply
  127. Ahmad Nasrullah (11709251025)

    Assalamualaikum wrwb.
    Terima kasih saya sampaikan kepada Bapak. Paling tidak Bapak telah mengingatkan kepada saya dan juga mungkin orang lain yang sempat mebaca elegy ini atas beberapa hal yang kami lupakan atau kami sepelekan. Padahal beberapa hal tersebut adalah beberapa di antara yang termasuk dalam kegiatan-kegiatan MASTER PROYEK yang disebut PROYEK SURGA. Bahkan KECELAKAAN dan LAKNAT yang besar bagi setiap hamba yang tidak mengamalkannya.
    Jazakallahu khairon

    Mengamalkan kegiatan-kegiatan yang termasuk Proyek Surga adalah separuh dari yang ada, karena separuhnya lagi kita harus menjauhi kegiatan-kegiatan yang dapat mendekatkan kita ke Neraka. Kegiatan-kegiatan ini selanjutnya kita sebut dengan DOSA. Dalam rangka mengingatkan diri saya pribadi dan juga orang yang mungkin membaca elegy ini, berikut ini saya sampaikan beberapa di antara dosa-dosa yang sering kita abaikan. Dosa-dosa itu kita bagi dalam tiga kelompok yaitu dosa hati, dosa lisan dan dosa perbuatan (dosa anggota badan).
    1. Dosa besar hati:
    Sombong, ujub, riya’ dan sum’ah, bergembira dengan dunia, berputus asa dari rahmat Allah, merasa aman dari azab Allah, berburuk sangka kepada Allah, keingingan untuk sombong dan brbuat kerusakan, permusuhan dan rasa benci, berbuat keji, mencintai musuh-musuh Allah, keras hati, dan lemah hati.

    2. Dosa besar lisan:
    Banyak bicara, gaya bicara yang dibuat-buat, berbantah-bantahan, orang dijauhi orang lain karena keburukan lisannya, berkata kototr dan keji, berkata dusta, ingkar janji, dusta, mencaari muka dan memuji seseorang yang tidak ada pada dirinya, ridha terhadap kemaksiatan, marah, cemas dan gelisah, berprasangka buruk terhadap kaum muslimin, berbuat kedustaan atas nama Allah dan Rasul-Nya, berkata tentang Allah tanpa ilmu, kesaksian atau sumpah palsu, bermuka dua dan mengadu domba, tuduhan dusta, melaknat, menyebarkan rahasia, mencaci orang yang telah mati, membanggakan diri, mencela nasab, membantu persengketaan bathil, membanggakan ilmunya, mengaku-aku sesuatu yang bukan miliknya, mengolok-olok orang yang taat kepada Allah, menceritakan perbuatan dosa, menyessatkan jalan orang yang buta, dan menyiarkan berita keji di kalangan kaum muslimin.

    3. Dosa besar anggota badan:
    Suap, hadiah balas jasa, ghulul, membunuh jiwa tanpa hak, durhaka kepada kedua orang tua, memutuskan silaturrahim, menyakiti tetangga, memancing kemarahan suami, menyakiti orang-orang shaleh, menghianati amanah, menipu dan semena-mena terhadap rakyat, nepotisme, berlaku curang dan zhalim serta bahaya jabatan, memberikan jabatan kepada seseorang yang tidak bisa bebruat adil, menzhalimi pegawai, istri yang meminta cerai, dayyuts, menzhalimi istri, dan perbuatan menzhalimi orang lain.
    Smoga Allah senantiasa memberikan ilmu kepada kita untuk dapat membedakan mana perbuatan yang termasuk dalam Proyek Surga dan mana yang termasuk perbuatan yang dapat menjerumuskan kita ke Neraka.
    Amin.

    wassalam
    Reply
  128. M. Syawahid
    NIM : 11709251032
    Pps UNY Pend. MTK kelas C 2011

    Proyek kedelapan : menyambung silaturrahmi terutama dengan orang tua, silaturrahmi adalah salah satu kegiatan sosial yang wajib dilakukan umat islam karena begitu perhatiannya agama islam pada kehidupan sosial. Terlebih kepada orang tua yang telah membimbing kita dari sejak kecil hingga menjadi orang yang bisa berguna. Begitu besar jasa yang telah mereka lakukan kepada kita bahkan mereka rela sedih, susah dan letih demi kebahagiaan kita maka wajiblah bagi kita untuk tetap menjaga silaturrahmi kita kepada mereka bahkan sampai mereka kembali kepada sang pencipta (kematian) maka haruslah kita mendoakannya.
    Reply
  129. Proyek syurga....lucu dan aneh jika dibaca dengan satu lapis, tapi memang begitulah adanya jika di kita pikirkan mendalam, setiap manusia membutuhkan proyek syurga untuk kehidupan ke-2 nya, dan itulah suatu kepastian dengan kepercayaan. Maka, sudah waktunya kita mawas diri, berkaca pada kesalahan-kesalahan di masa lalu, menyesal bukan tiada arti, tapi sangat berarti...berarti untuk pengalaman kebaikan kedepannya.
    Reply
  130. 11709251036
    Kelas B P_Matematika 2011

    Saya ucapkan terimaksih kepada Bapak yang selalu menasehati kami dan sudah menuliskan hal-hal yang harus kami lakukan sebagai seorang hamba yang lemah dan terbatas dalam segala hal, surga adalah cita-cita tertinggi setiap manusia namun keinginan dan harapan itu tidak bisa didapatkan dengan keinginan saja atau hanya dipikirkan saja tetapi perlu usaha dan ketaatan dalam menjalankan perinta ALLAH subuhanahu wa ta'alla dan sunnah Rasulullah.
    Reply
  131. Muhamad farhan (11709251034) PMAT C UNY..

    saya ucapkan jazakumullahu khoir kepada bapak dan semoga Allah membalas semua kebaikan bapak..

    elegi ini sangatlah bagus untuk dibaca oleh semua orang, agar semua kita sadar terhadap kesalahan-kesalahan yang telah kita perbuat. untuk menggapai syurga tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan, namun penuh dengan onak dan duri yang harus kita lalui.
    pada pesan yang pertama adalah menjaga waktu sholat, pada zaman sekarang ini berapa banyak orang-orang yang meninggalkan sholat, padahal sholat adalah tiangnya Agama, baik-benarnya agamanya seseorang tergantung dari sholatnya, yang membedakan anatara orang islam dengan orang kafir adalah sholat, sholat adalah pencegah dari perbuatan keji dan mungkar dan tidaklah sholat itu adalah wajib bagi kaum muslimin yang telah baligh.

    sholat memiliki banyak keutamaan diantaranya:

    Sabda Rasulullah SAW “Bagaimana pendapat kamu sekalian seandainya di depan pintu masuk rumah salah seorang di antara kamu ada sebuah sungai kemudian ia mandi di sungai itu lima kali dalam sehari; apakah masih ada kotoran yg melekat di badannya?” Para sahabat menjawab “Tidak akan tersisa sedikit pun kotoran di badannya.” Bersabda Rasulullah SAW “Maka begitu pulalah perumpamaan shalat lima kali sehari semalam; dgn shalat itu Allah akan menghapus semua dosa.” 3. Sabda Rasulullah SAW “Tidak ada seorang muslim pun yg ketika shalat fardhu telah tiba kemudian dia berwudhu’ dgn baik dan memperbagus kekhusyu’annya serta ruku’nya terkecuali hal itu merupakan penghapus dosanya yg telah lalu selama dia tidak melakukan dosa besar dan hal itu berlaku sepanjang tahun itu.” 4. Sabda Rasulullah SAW “Pokok segala perkara itu adl Al-Islam; dan tonggak Islam itu adl shalat; dan puncak Islam itu adl jihad di jalan Allah.”

    wallahu'alam
    semoga elegi diatas bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita dapat mengambil faedahnya. aamiin
    Reply
  132. Mira Marlina Pmat B 1170925102

    Elegi yang indah untuk mendampingi ibadah dan usaha kita menuju syurga. Aamien. Izinkan saya merefleksikan elegi ini dengan ayat Al-quran dan hadits.
    “Sesungguhnya yang pertama kali akan dihisab dari amal perbuatan manusia pada hari kiamat adalah shalatnya. Rabb kita Jalla wa ‘Azza berfirman kepada para malaikat-Nya -padahal Dia lebih mengetahui,“Periksalah shalat hamba-Ku, sempurnakah atau justru kurang?” Sekiranya sempurna, maka akan dituliskan baginya dengan sempurna, dan jika terdapat kekurangan maka Allah berfirman, “Periksalah lagi, apakah hamba-Ku memiliki amalan shalat sunnah?” Jikalau terdapat shalat sunnahnya, Allah berfirman, “Sempurnakanlah kekurangan yang ada pada shalat wajib hamba-Ku itu dengan shalat sunnahnya.” Selanjutnya semua amal manusia akan dihisab dengan cara demikian.” (Dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 2571)

    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Wahai kaum muslimin! Sebarkanlah salam, berikanlah makan kepada fakir miskin, peliharalah hubungan silaturahmi, shalatlah di waktu malam ketika orang banyak sedang tertidur lelap, niscaya kalian akan masuk surga dengan aman.” (HR. Ahmad, At-Tirmidzi).

    “Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabb mu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Rabb mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal”. (QS Ali Imron 133 – 136)
    Reply
  133. Satriawan PM A (11709251035)

    “Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya. Apabila shalatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila shalatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi. Jika ada yang kurang dari shalat wajibnya, Allah Tabaroka wa Ta’ala mengatakan,’Lihatlah apakah pada hamba tersebut memiliki amalan shalat sunnah?’ Maka shalat sunnah tersebut akan menyempurnakan shalat wajibnya yang kurang. Begitu juga amalan lainnya seperti itu.”

    Dalam riwayat lainnya, ”Kemudian zakat akan (diperhitungkan) seperti itu. Kemudian amalan lainnya akan dihisab seperti itu pula.” (HR. Abu Daud. Hadits ini dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani dalam Misykatul Masyobih no. 1330)

    “Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. Al Ankabut: 45)
    Sebuah kesinergisan antara hadits dan Al Quran. Dalam Al Quran disebutkan kalau sholat mampu mencegah perbuatan keji dan mungkar. Dan dalam hadits disebutkan jika shalatnya baik maka akan beruntung dan jika rusak akan merugi. Oleh karenanya shalat ini haruslah baik untuk mencegah keji dan mungkar.
    Reply
  134. Tidak adalah lagi yang mengingkari keutamaan dari sholat dan peringatan agar tidak meninggalkannya, Alloh SWT berfirman:
    1. “Sungguh bahagialah orang-orang mu’min yang khusyu’ dalam shalatnya.” (Al-Mu’minun : 1-2)
    2. “Dan orang-orang yang memelihara shalatnya, mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi surga firdaus, mereka kekal di dalamnya.” (Al-Mu’minun : 9-11)
    3. “Dan kerjakanlah shalat, sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar.” (Al-Ankabut : 45).
    4. “Lalu datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan.” (Maryam ; 59)
    Dan dari Rasululloh SAW bersabda “Tonggak pemisah antara seseorang muslim dengan kafir adalah shalat.” (Riwayat Muslim)
    Reply
  135. Ummi Aisyah 11709251049 PMAT A PPS UNY 2011
    Assalamu’alaikum
    Dan di surat yang sama “Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama Allah) dengan zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang” (Al-Ahzab: 41 - 42). Dan dalam hadits Hasan riwayat Tirmidzi dari Abdullah bin Yusr r.a. Ada seorang berkata: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya syari’at Islam telah banyak ada padaku, maka beritahulah kepadaku sesuatu yang aku bisa berpegang teguh dengannya”. Rasulullah pun bersabda: “Hendaklah lisanmu selalu basah karena berzikir kepada Allah”.
    Beberapa keutamaan zikrullah yang dapat disebut di antaranya ialah:
    1. Memperoleh ketenangan hati dan ketenteraman jiwa. Iman dan kekuatan zikir serta hubungan dengan Allah menjadi stabilisator jiwa, sehingga seseorang selalu diliputi ketenangan dengan ketenteraman karena selalu ingat Allah. Seorang mukmin tak akan bergembira berlebih-lebihan, melonjak-lonjak atau terhanyut dalam kedukaan yang berkepanjangan. Seperti dalam hadits Nabi SAW: “Sungguh ajaiblah orang yang beriman. Bila diberi karunia ia bersyukur ( mengembalikannya kepada Allah) dan itu baik untuknya. Bila diberi musibah ia bersabar dan itu lebih baik lagi untuknya”.
    2. Memberatkan timbangan hasanat di Yaumul Mizan. Kata Rasulullah ada ucapan zikir yang ringan diucapkan dan berat timbangan kebaikannya di antaranya ialah: Subhanallah, walhamdulillah walaa ilaha illallah wallahu akbar.
    3. Dijauhkan dari segala tipu daya setan dan marabahaya. Dengan seseorang rajin membaca zikir ma’tsurat misalnya di waktu pagi dan petang, maka ia terhindar dari segala marabahaya yang datang dari syaitan jenis manusia maupun jin. Tidak akan terkena terkena tipu daya setan, hipnotis, santet, pelet, dan ilmu hitam lainnya.
    4. Memperoleh keberuntungan dan kemenangan
    5. Sebagai alat kontrol dan pengendali diri jika sudah berhasil meraih kemenangan dan kesuksesan, terhindar dari kesombongan.
    Reply
  136. Hidup yang kekal bagi manusia berproses dari segala hal yang Fana. Untuk memperoleh surga yang kekal abadi manusia harus dapat berproses dengan baik di alam fana (dunia).

    Tidak cukup hanya menghindari "malima", manusia harus menjadi hamba Allah yang taat dengan bingkai syariah dan ibadah untuk menggapai syurga yang kekal abadi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini